Wednesday, August 5, 2015

Desain Kolam Renang Minimalis

Kolam renang minimalis merupakan ide properti yang bagus untuk merancang rumah minimalis yang nyaman dan sportif. Kebutuhan hidup bagi seorang pengusaha maupun karyawan yang baru memasuki dunia kerja dan masih awal merancang rumah tangga sangat cocok dipasangkan dengan rumah impian yang minimalis.

Ide properti kreatif merancang rumah salah satunya yakni menambahkan kolam renang. Banyak pilihan rancangan kolam renang. Anda bisa memilih lokasi penempatannya, misal halaman belakang, samping dan dalam rumah.

Ide properti kali ini adalah perancangan dan biaya lengkap membuat kolam renang minimalis. Langkah awal merancangnya adalah dengan menentukan bahan dasar pembuatan kolam renang. Ada dua pilihan keramik yakni keramik tipe mozaik atau standart.

Tipe keramik untuk membuat kolam renang minimalis
Tipe mozaik adalah keramik berwarna atau polos yang mempunyai ukuran lebih kecil. Tipe keramik ini dipakai dalam pembuatan kolam renang yang lebih eksklusif dan nyaman. Hasil yang ditampilkan sangat bagus. Proses pemasangannya diperlukan ketelitian dan kecermatan.

Tipe Standart adalah keramik pada pembangunan rumah pada biasanya. Keramik ini biasa digunakan dalam pembangunan kolam renang umum.

Pertimbangan warna keramik kolam renang
Pilihan warna keramik pada umumnya ada dua yaitu keramik warna putih dan biru muda. Warna putih untuk menampilkan warna asli air sehingga apabila air benar-benar jernih dan bersih maka hasilnya akan sangat bagus. Sedangkan warna keramik biru muda akan menampilkan aksen biru cerah pada kolam renang yang merupakan warna standar.

Perhitungan biaya membuat kolam renang minimalis
Biaya dikenakan dengan hitungan per meter persegi. Perhitungan biaya berdasar tingkat kesukaran lokasi. Cara ini dihitung menggunakan sistem skimmer dan system overflow. Estimasi waktu pengerjaan kolam renang adalah 30 hari maksimal.

Perhitungan kekuatan kolam renang diambil dari sistem pondasi, ketebalan dinding beton kolam renang dan dasar kolam renang. Semakin bagus dalam pemilihan bahan dan pemasangan yang teliti akan menghasilkan kekuatan kolam renang yang kuat.

Bak penampung air limpahan kolam renang berukuan 0.25 kubik atau 100 liter. Saluran air limpahan sekitar 20 cm dari teras kolam lalu dihubungkan ke bak limpahan air. Peletakan pompa penyedot diletakkan di samping kolam. Bek penyaring agar minimalis dibuat satu tempat. Penampung air bersih, dan penampung pecahan batu gamping. Cara penggunaannya yaitu soda api langsung ditaburkan ke dalam kolam, sedangkan tawas dilarutkan terlebih dahulu di air atau digiling halus kemudian ditabur ke kolam.

Pengisian air dengan membeli air 3 tangki seharga Rp 500.000 lalu dimasukkan kaporit seharga Rp 40.000. Efek dari kaporit itu sendiri adalah menampilkan warna kuning kehijauan pada air karena lumut dan alga yang ada dalam air hangus dan mati, dan ini normal. Soda api sebanyak 0,5 kg dan tawas 4 kg untuk membersihkan kotoran pada dinding kolam dan tawas untuk mengikat kotoran yang kemudian mengendapkanya pada dasar kolam renang. Harga tawas 15 ribu/kg. Apabila anda menginginkan warna kolam renang yang tampak biru dan mengkilat sebaiknya ditambahkan terusi sekitar 1 ons

Menjaga kebersihan air kolam
Untuk menjaga kejernihan air lakukan sirkulasi air atau penyaringan sekitar 8 jam/hari. Proses sirkulasi mekanismenya adalah mengalirkan dengan cara memompa air dalam bak limpahan ke penyaringan kemudian dikembalikan lagi ke dalam kolam renang. Untuk menjaga kestabilan kondisi kolam masukan 1 ons kaporit ke dalam kolam setiap 3 hari sekali. Selalu lakukan sirkulasi setiap harinya sekitar 8 jam untuk menjaga kebersihan air kolam renang.

Pilihan lokasi dan ukuran kolam renang
Pilihan lokasi yang tepat adalah faktor penting yang menentukan kekuatan kolam renang. Tanah yang kuat maka kolam renang juga kuat pondasinya. Sebaliknya tanah yang bergeser makan perlu ditambahkan penguat pondasi pada kolam renang. Ukuran minimalis kolam renang yakni 6×3 meter persegi.

Nah, berikut perhitungan lengkap biaya membuat kolam renang minimalis

Budget maksimal Rp 10.000.000, budget minimal Rp 6.000.000

Detail pembiayaan
Rp 4.000.000,- kramik, konstruksi dan biaya tukang
Rp 500.000,- peralatan sirkulasi air kolam
Rp 300.000,- alat penyedot air dari bak penampungan limpahan ke wadah penyaringan
Rp 200.000,- alat untuk menyedot endapan/kotoran dari dasar kolam
Rp 200.000,- pemipaan, selang dan serokan
Rp 200.000,- pembelian bahan kimia kaporit, soda ash dan terusi
Rp 200.000,- pembuatan sistem penerangan
Rp 500.000,- pengisian air 3 tangki
Total biaya Rp 6.100.000,-

Sumber: [QyouHome.com]