Friday, July 24, 2015

Cara Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Seneng sih jerawat hilang, tapi kalau bekas jerawat menjadi kehitaman? Hii.. muncul masalah baru, deh. Warna kehitaman bekas jerawat yang mencolok membuat wajah tidak mulus dan mengganggu penampilan. Bekas luka akibat jerawat muncul karena tangan kamu yang iseng suka memencet saat timbul jerawat. Tapi kalau tangan kamu gak iseng, bekas luka jerawat masih suka timbul. Itu karena, adanya kerusakan kalogen akibat radang dalam kulit, girls.

Baca: Cara Alami menghilangkan Bekas Jerawat

Jenis-jenis Bekas Jerawat:

Seperti apasih luka bekas jerawat itu? Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut:

Bekas Jerawat Post-inflammatory pigmentation

Adalah bekas jerawat yang meninggalkan warna kemerahan atau kecoklatan setelah jerawat sembuh.

Bekas Jerawat Atrophic

Adalah jenis bekas jerawat yang menyebabkan kehilangan lapisan sel kulit.

Bekas Jerawat Hypertrophic

Adalah jenis jerawat yang muncul dan menyebabkan kulit terlihat hitam. Jerawat jenis ini sangat mengganggu penampilan ya girls.

Beda jenis, beda juga cara mengatasinya. Kalau kamu mengatasi jerawat dengan cara yang tidak tepat, bekas jerawat tidak benar-benar hilang. Saat kamu menghentikan pemakaian krim, efek dari krim akan memudar dan pastinya muncul lagi bekas jerawat di muka kamu.

Warna kulit wajah juga berpengaruh lho, pada bekas luka. Orang dengan warna kulit gelap akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah cenderung akan mengalami kemerahan atau erythama pada bekas luka jerawat.

Penyebab Timbulnya Noda Bekas Jerawat:

Jerawat akan mudah meninggalkan bekas luka dan bertambah parah atau meradang, jika mengalami hal-hal berikut :

Jauhi matahari langsung

Bekas luka jerawat yang terkena paparan sinar matahari langsung akan membuat menghitamkan bekas jerawat dan memperlambat pemulihan. Sinar ultraviolet pada matahari menstimulasi melanosit (pigmen penghasil sel) yang mengakibatkan berkurangnya warna kulit. Oleh karena itu, sebelum keluar rumah selalu gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30 atau SPF lebih tinggi yang mengandung zincoxide. Kenakan secara berulang setelah berkeringat, berenang maupun setelah berada di bawah sinar matahari selama lebih dari dua jam. Hindari di bawah matahari pada jam 10.00-14.00, kalau harus keluar pakailah topi untuk melindungi.

Masker Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan banyak khasiat dari buah merah kecil satu ini, yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat. Membuat masker tomat sangat mudah.

Caranya : iris-iris tomat kemudian tempelkan pada bekas jerawat. Bahan yang alami ini manjur untuk menghilangkan bekas jerawat. You must try this at home, girls.

Madu Campur Putih Telur

Madu dan putih telur juga berkhasiat dapat menghilangkan bekas jerawat membandel.

Caranya : canmpurkan putih telur dan madu, aduk rata kemudian sapukan di bagian bekas jerawat, diamkan hingga kering kemudian bilas. Jika tidak ada putih telur, dengan madu saja juga ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat. See? Simple banget kan.

Ampas teh

Eits, siapa bilang ampas teh tidak bisa dipakai lagi? Bekas ampas teh ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat loh. Selain hemat banget, bekas jerawat kamu juga bisa hilang.

Caranya : cukup di tempelkan ampas teh ke bagian bekas jerawat, kompres sekitar 5-10 menit

Minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun jangan diragukan lagi, kandungan dalam minyak zaitun begitu banyak. Menghilangkan bekas jerawat juga bisa lho dengan minyak zaitun, selain itu juga bisa mengempekan bengkak yang diakibatkan luka bekas jerawat.

Pengobatan dermatologis

Jika perawatan secara alami tidak memberikan dampak yang signifikan, sebaiknya kamu mencoba pengobatan dermatologis. Dengan teknologi laser merupakan metode yang popular. Konsultasikan dengan dokter kulit wajah sebelumnya untuk menentukan metode apa yang cocok dengan kulit wajah kamu. Jangan sampai menyesal, girls!

Detoksifikasi

Kamu bisa memilih untuk melakukan detoksifikasi tubuh dari dalam untuk memperbaiki kondisi kulit kamu. Dengan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, otomatis memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kulit. Sehingga proses regenerasi sel kulit akan berjalan dengan baik dan noda-noda di wajah yang timbul akibat bekas jerawat akan tersamarkan secara perlahan dan menghilang.

Dapatkan wajah yang mulus dan terbebas dari noda bekas jerawat setelah menjalankan tips dan cara menghilangkan bekas jerawat secara simple dan alami. Dengan melakukannya rutin kamu pasti mendapatkan hasil yang maksimal.