Monday, January 5, 2015

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan - Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) merupakan tanaman dari keluarga umbi (cormus), yang daging putihnya yang biasa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dimanfaatkan sebagai masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. 

Bengkoang memiliki umbi yang mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga mempunyai efek pendingin dengan kandungan kadar air 86-90%.Berikut beberapa manfaat buah bengkoang untuk kesehatan.

Mengurangi produksi asam lambung. Bengkoang memiliki sifat alkali yang bermanfaat sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

Benkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan insulin yang terdapat dalam bengkoang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Bengkoang baik untuk mengobati sariawan dan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun sebagai obat sariawan.

Memperlancar pencernaan. Insulin yang terkandung dalam bengkoang memiliki sifat sebagai serat makanan, sifat ini memiliki pengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Oleh karenanya bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.