Saturday, August 8, 2015

Manfaat dan Fungsi Vitamin D

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin E. Vitamin yang dikenal dengan nama Kalsiferol ini berperan dalam pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi di dalam tubuh. Tak perlu vitamin khusus asalkan mendapat cukup banyak paparan sinar matahari.

Gejala kekurangan vitamin D antara lain otot dan tulang lemah, serta terjadi osteomalacia dan meningkatnya kadar gula darah. Beberapa penyakit syaraf seperti multiple scleorsis, alzheimer, parkinson juga disebabkan karena kekuranga vitamin D.

Sumber makanan yang mengandung vitamin D diantaranya ikan tuna, udang, mentega, biji bunga matahari, dan minyak ikan.

Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang

Sebenarnya pembentukan dan pemeliharaan tulang ini tidak serta merta hanya karena vitamin D. Karena vitamin D tetap dapat berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu pembentukan tulang. Namun fungsi khusus dari vitamin D adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur untuk kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada di dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang. Salah satu cara pengerasan tulang ini adalah pada tulang kalsitriol dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang masuk ke dalam darah.

Manfaat Untuk Kulit

Bagaimana dengan manfaat untuk kulit? Diketahui bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D loh. Walaupun tetap harus ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari ikan-ikan, telur, atau margarin. Karena manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Dapat juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan meremajakan kulit. Biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Kanker Kolon dan Kanker Prostat

Ternyata manfaat vitamin D ini sangat banyak. Mencegah kanker? Tentu bisa juga loh. Jika anda mau mengkonsumsinya, maka anda akan terhindar dari penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Telah diteliti bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker. Semakin banyak dan tinggi vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi vitamin D maka semakin rendah terjadinya kanker kolon.

Oke, itu dia beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.